A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z |


Nama-nama Tokoh Wanita/Perempuan Islam

Tokoh perempuan islam dalam sejarah persebaran agama islam mungkin tidak setenar para tokoh pejuang islam laki-laki. Namun dalam kiprahnya memperjuangkan islam dan kontribusinya dalam peran wanita sangat penting.

Nama-nama tokoh perempuan islam ini bisa kita jadikan inspirasi untuk memberikan nama bayi perempuan kita dengan tokoh-tokoh tersebut sebagai do’a dan harapan. Dan beberapa dari nama tersebut bisa jadi akan unik dan menarik bagi anda.

Kisah dan nama tokoh perempuan pejuang islam tidak seperti kisah-kisah tokoh perempuan penting dunia seperti Elizabeth, Anne Boleyn ataupun Joan of Arc yang kisahnya bisa kita lihat dalam beberapa film gerapan hollywood.

Banyak nama tokoh wanita islam baik dari zaman Nabi Muhammad SAW maupun sesudah zaman rosul yang tetap memberikan kontribusinya dalam dunia islam baik sebagai ulama, penyair, penulis, prajurit atau pejuang maupun penguasa. Berikut ini kita ambil beberapa tokoh penting wanita islam sebagai bahan pembelajaran dan ide nama bayi perempuan anda.

1. Khadijah binti Khuwaylid

Untuk tokoh perempuan islam satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi umat islam yang perjalanan hidupnya dalam membantu Nabi muhammad SAW dan perjuangan islam telah banyak dikisahkan. Khadijah adalah istri pertama Nabi Muhammad SAW dan merupakan istri yang sangat dicintai oleh Nabi. Sebelum Khadijah menjadi istri Nabi Muhammad SAW, beliau memang sudah menjadi tokoh penting dalam masyarakat Mekah kala itu. Khadijah adalah saudagar elit yang dihormati di Mekah. Kecintaan Nabi Muhammad SAW pada Khadijah ditunjukan dalam sikap Nabi yang tidak punya istri lain selain Khadijah hingga Khadijah meninggal dunia meskipun dalam islam diperbolehkan untuk mempunyai 4 istri.

Dalam perjalanan islam, Khadijah merupakan orang dan perempuan pertama yang memeluk agama islam. Dalam hadits nabi sahih muslim diyakini Nabi Muhammad SAW mengatakan mengenai Khatijah (diterjemahkan sebagai berikut) “Tuhan Yang Maha Esa dikehidupan ini tidak pernah memberikan orang yang lebih baik  dari dia (Khadijah), dia menerima saya ketika orang-orang menolak saya, dia mempercayai saya ketika orang-orang meragukan saya, dia berbagi harta dengan saya ketika orang-orang melarangnya, dan Allah memberikan anak hanya melalui dirinya”. Dan benar saja, melalui Khadijah Nabi Muhammad mempunyai seorang putri bernama Fatima al-Zahra dan melalui Fatima Nabi Muhammad SAW mendapatkan dua cucu bernama al -Hasan dan al-Husain. Dan hanya dari sinilah garis keturunan Nabi Muhammad SAW berlanjut.

Fakta diatas menjadikan Khadijah dan Fatima adalah dua tokoh perempuan islam paling dihormati.

Makam tokoh wanita islam khatijah

Makam Khatija Sebelum Hancur

 2. Nusaybah binti Ka’ab

Nusaybah atau Nusayba juga biasanya dikenal sebagai Umm ‘Ammara adalah perempuan dari bani Najjar, saat 74 tokoh islam terdiri dari ulama, prajurit dan negarawan dari madinah berkumpul untuk bersumpah setia pada Nabi Muhammad SAW terdapat dua orang perempuan yaitu Nusaybah dan Umm Munee Asma, dia adalah salah satu tokoh wanita pertama dari madinah yang memeluk islam . Pada masa penyebaran islam di Madinah Nusaybah mengajarkan islam pada kaum hawa.

Nusayba adalah salah satu tokoh pejuang perempuan islam yang bertempur dalam medan perang saat perang uhud berlangsung. Pada awalnya peran dia dalam perang seperti perempuan lain, yaitu menyediakan makan dan mengambil air saat kedua putranya ikut berperang dalam medan perang. Namun saat pasukan terjepit dan kekalahan sudah dekat dia memutuskan untuk mengambil pedang dan perisai untuk ikut membantu berperang. Nusaybah secara langsung memberikan perlindungan pada Nabi Muhammad SAW saat Nabi mendapat serangan, dalam melindungi Nabi dalam perang dia mendapatkan beberapa luka pedang, panah dan tombak. Dia bahkan secara langsung memberikan tubuhnya menerima luka senjata untuk melindungi Nabi Muhammad SAW. Dan dalam luka ke dua belas yang menembus bahunya dia jatuh pingsan.

Setelah dia sadar setelah sehari pingsan, kata pertama yang diucapkannya adalah “Apakah Nabi Selamat?

Nusaybah menghabiskan setahun untuk kemudian sembuh dari luka-lukanya. Nusaybah adalah tokoh perempuan pejuang islam yang berperang gagah berani sebagai seorang prajurit.

Ilustrasi tokoh pejuang wanita islam nusayba

Tokoh Nusayba dalam film Umar

 3. Khawla Binti Al-Azwar

Khawlah atau Khawla dikisahkan adalah seorang wanita cantik bertubuh ramping yang pintar berpuisi. Dia memiliki seorang saudara bernama Dirar. Dalam masa kehebatan Khalid bin Walid dalam perang Yarmuk saudaranya tertangkap oleh prajurit Roma. Karena sangat mencintai saudaranya, dia ikut masuk dalam tentara dan kehebatannya dalam berperang menggunakan pedang menjadi perhatian Khalid bin Walid. Akhirnya dia menyutusnya untuk menyelamatkan Sandera.

Saat para prajurit Roma penyerang tenda perempuan Khawla menjadi salah satu sandera. Dia meminta untuk para sandera diberikan kesempatan memperjuangkan hidupnya dan berperang melawan tentara Roma. Dia memberikan perintah pada para sandera dan membentuk formasi perang dan berhasil membunuh 30 tentara Roma. Mendengar ini, pemimpin prajurit Roma tertarik untuk datang dan meminta Khawlah menjadi istrinya, Khawla pun menjawab “Saya bahkan tidak akan menerima anda untuk menjadi pengurus unta saya, bagaimana anda mengharapkan saya untuk menjadi istri dan hidup bersama anda? Saya bersumpah akan memenggal kepala anda”.

Dalam perang tersebut pasukan Khalid bin Walid berhasil membunuh 3000 tentara Roma dan orang yang berperang bersama Khawla menceritakan Khawlah berhasil membunuh 5 tentara Roma termasuk pemimpinnya.

Dari kisah hebatnya Khawla ini banyak menimbulkan pertanyaan mengenai detil kisah dan asal muasalnya. Beberapa orang membenarkan kisah tersebut, namun ada juga yang menganggap bahwa Khawlah itu tidak pernah ada.

Terlepas dari kebenarannya, kisah Khawla merupakan legenda yang menarik untuk sejarah tokoh perempuan pejuang perempuan islam.

tokoh prajurit pejuang perempuan islam khawla

Perangko Jordania bergambar Khawla

 4. A’isha binti Abu Bakar

Aisha adalah figur perempuan islam yang sudah banyak dikisahkan dan mungkin salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang paling kontroversial. Pada awal menjadi istri Nabi Aisha dikenal kontroversial dari perjuangan dan idenya dalam hal beasiswa, sekolah, politik dan peran perempuan dimana saat itu dikenal sebagai hal yang berlawanan dengan konsep konservatif dalam peran perempuan dalam islam.

Sepeninggalnya Nabi Muhammad SAW, A’isha terjun dalam politik dan menentang langsung kekhalifahan Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Dia bahkan turun langsung memimpin saat perang Basra meskipun akhirnya kalah dan menyatakan pensiun dalam politik. Namun dia tetap melanjutkan perjuangannya dalam menyebarkan ajaran Islam. Aisha juga merupakan perempuan yang banyak meriwayatkan hadits dari Nabi Muhammad SAW.

tokoh wanita islam aisha istri nabi

Perang yang dipimpin Aisha

5. Zainab binti Ali

Zainab adalah salah satu cucu dari Nabi Muhammad SAW anak dari putrinya Fatima yang bersuamikan Ali bin Abi Thalib. Zainab dikenal sebagai wanita pembela islam dan pembela Ahlul Bait (keluarga Nabi) yang berjuang untuk menyelamatkan tahanan dengan pidatonya yang luar biasa dan berapi-api memaksa khalifah untuk membebaskan tahanan yaitu keponakannya bernama Ali bin Al-Husain pada tragedi karbala, dimana pada saat itu kakanya Al-Husain dan 72 keponakan dan saudara-saudaranya dibunuh oleh bani Umayyah. Saat itu dialah pembela yang paling mumpuni untuk memperjuangkan nasib Ahlul Bait.

Dari perjuangannya itu dia dikenal sebagai wanita islam yang mempunyai keberanian, kesabaran dan kebijaksanaan.

tokoh perempuan islam zainab binti ali

Bangunan Sepeninggal Zainab binti Ali

6. Rabi’ah al-‘Adawīyya

Rabi’ah adalah seorang budak dari Irak dan karena perjuangannya dia menjadi wanita bebas dan dia dikenal sebagai sufi atau ahli mistik yang mempunyai pemikiran yang mendalam mengenai islam.

Salah satu pemikirannya adalah tidak menyembah Tuhan karena takut atau karena ingin mendapatkan hadiah, tapi menyembah Tuhan karena Tuhan itu sendiri. Pemikiran ini dituangkannya dalam sebuah puisi ( yang diterjemahkan kurang lebih sebagai berikut):

“Ya Allah! Jika saya menyembah Anda karena takut neraka, bakarlah  aku di neraka,
dan jika aku menyembah Anda dengan harapan masuk surga, masukankan saya di surga.
Tetapi jika aku menyembah Anda demi Anda sendiri,
abaikanlah saya untuk menjadi keindahan Anda selamanya. ”

Dalam perjalanannya menjadi sufi dia dipercaya telah mendirikan sekolah Sufi “Cinta Ilahi”.

tokoh wanita pintar islam rabia

Tokoh perempuan islam Rabi’a

 7. Lubna of Cordoba

Pada zaman dahulu jarang sekali ada wanita yang punya ilmu pengetahuan yang luas. Namun tidak untuk Lubna, dia dikenal sebagai wanita yang mahir dalam matematika, unggul  dalam tata bahasa, pintar menulis dan berpuisi. Dia juga punya banayk pengetahuan tentang ilmu-ilmu pengetahuan yang lain.

Pada awalnya Lubna hanyalah seorang budak perempuan yang berasal dari spanyol, karena kepintarannya dia dipercaya untuk memimpin perpustakaan kerajaan yang menyimpan lebih dari 500.000. Dia sangat dihormati di istana Umayyah dan menjadi wanita terhormat.

tokoh ratu pemimpin perempuan islam lubna of cordoba

Lukisan tokoh perempuan islam Lubna of Cordoba

8. Al-Malika al-Hurra Arwa al-Sulayhi binti Ahmad

Jika anda peranggapan bahwa dalam islam hanya laki-laki yang mampu menjadi seorang pemimpin hebat maka ada baiknya mengikuti kisah dari Arwa. Arwa adalah perempuan islam yang dikenal sangat cerdas dan punya jiwa pemimpin.

Dia adalah seorang Ratu islam dikerajaan Yaman. Dalam masa kepemimpinannya dia dikenal sangat dikagumi dan punya pengaruh kuat dalam perkembangan islam pada masa khalifah Fatimiyah. Dia banyak disebut dalam khotbah jum’at kala itu dan menjadi wanita pertama islam yang mendapatkan pangkat tertinggi dalam masa khalifah fatimiyah.

koin uang ratu wanita islam arwa

Koin bertuis pempimpin wanita islam Arwa

 9. Shajar al-Durr

Shajar pada awalnya sebenarnya adalah seorang budak biasa yang diduga berasal dari turki. Namun kemudian dia dinikahi oleh seorang sultan dari Ayyubiyah bernama sultan al-Salih Ayyub. Sepeninggal suaminya dia kemudian menjadi ratu. Dalam kepemimpinannya dia sempat terlibat politik dan peperangan pada perang salib dan berhasil menangkap Raja Louis IX dari Perancis.

Dalam masa kepemimpinannya dia dikenal sebagai seorang ratu yang pintar dan sering disebut dalam khutbah jum’at. Bahkan namanya dicetak dalam koin mata uang. Namun sebagai seorang wanita terjadi mulai digunhingkan karena masalah wanita sebagai pemimpin dalam islam.

Karena masalah gender tersebut kemudian dia memutuskan untuk menikah dengan seorang komandan bernama al-Din Aybak. Suaminya memegang tahta namun Shajar tetap memegang kendali kekuasaan. Karena suaminya terlibat skandal dengan perempuan lain diduga dia membunuh suaminya dikamar mandi.

Setelah pembunuhan itu terkuak diapun dihakimi dan dibunuh secara brutal.

 

koin uang ratu perempuan islam Shajar

Koin uang bertulis nama Ratu islam Shajar

ratu perempuan islam Shajar al durr

Lukisan ratu perempuan islam Shajar al Durr

10. Zainab binti Ahmad

Pada zaman abad pertengahan masih sedikit perempuan islam yang bersekolah dan mempunyai pengetahuan mendalam baik bidang sastra maupun ilmu pengetahuan. Salah satu tokoh wanita islam yang punya andil besar dan terkenal kepandaiannya pada abad ke 14 ini adalah Zainab.

Zainab adalah perempuan yang punya pendalaman baik dibidang hadist dan mengajar disekolah hanbali di Damaskus. Dia mengajar al-Tirmidzi,  al-Tahawi, Sahih Bukhari dan Shahih Muslim.

Dalam masa pengajarannya dia dikenal sebagai wanita yang pandai dan mempunyai murid-murid yang kemudian menjadi tokoh-tokoh terkenal islam dibidang ilmu pengetahuan seperti Ibn Battuta, Taj al-Din al-Subki dan al-Dzahabi.

sahih bukhari diajarkan perempuan islam

Sahih Bukhari yang diajarkan tokoh perempuan islam Zainab binti Ahmad

 

Tentunya masih banyak tokoh-tokoh wanita atau perempuan islam yang punya andil besar dan tercatat dalam masa kejayaan islam.

Beberapa tokoh perempuan diatas adalah contoh dari tokoh perempuan sahabat Nabi Muhammad SAW, tokoh prajurit pejuang islam, tokoh ratu atau pemimpin islam dan juga tokoh dibidang ilmu pengetahuan.

Dari zaman ke zaman tokoh-tokoh wanita akan menjadi bagian sejarah penting dari tiap peradaban dan semoga daftar tokoh perempuan islam diatas bisa kita jadikan pembelajaran dan ide nama bayi anda.