A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z |


Nama Tokoh Wanita/Perempuan Hebat Dunia yang Terkenal

Tokoh-tokoh wanita atau perempuan dalam sejarah dunia tidak bisa dipungkiri mampu memberikan sumbangan yang besar dalam perubahan kehidupan, baik dalam agama, pendidikan, filosofi, adat istiadat dan berbagai sisi kehidupan lainnya yang manfaat dan hasil perjuangannya dapat kita lihat dan nikmati hingga sekarang.

Daftar tokoh terkenal perempuan hebat dunia

Pemikiran dan apa yang dilakukan oleh tokoh-tokoh perempuan hebat dunia ini mampu melambungkan nama mereka hingga terkenal sampai sekarang.

Patut bagi kita mengetahui sejarah dan siapa saja tokoh perempuan hebat yang terkenal didunia sehingga kita mampu mempelajari dan menjadikannya inspirasi, khususnya bagi para wanita dan perempuan Indonesia di era modern ini.

1. Sappho (c 570 SM)

sapphosappho adalah seorang penyair perempuan yunani yang merupakan penulis perempuan pertama yang mampu menerbitkan sebuah buku. Menurut Plato, Sappho masuk dalam daftar 10 orang penyair terhebat yang pernah ada. Sayangnya banyak sekali karya-karyanya yang hilang karena Sappho merupakan penyair yang lahir jauh sebelum masehi tepatnya tahun 570 sebelum masehi.

2. Cleopatra (69 -30 SM)

CleopatraNama Cleopatra sudah tidak asing lagi sebagai ratu perempuan hebat dalam sejarah yang dihormati dan kisahnya ditulis dalam berbagai buku dan artefak kuno. Cleopatra dikenal sebagai pemimpin wanita hebat yang mampu mempertahankan kerajaan Mesir dari ancaman kekuasaan Romawi. Dia juga pandai berpolitik dan mempunyai dua sekutu pemimpin besar dari Roma yaitu Marc Anthony dan Julius Caesar.

 3. Mary Magdalena (4 SM – 40)

Mary MagdaleneMary Magdalena adalah tokoh kristen dan salah satu pengikut yesus yang paling setia. Wanita berasal dari Yunani ini disebut namanya dalam alkitab sebanyak 12 kali. Magdalena adalah orang yang berdiri disamping Yesus saat disalib dan menyaksikan kebangkitan Yesus.

4. Boudicca (1 Masehi)

BoudiccaBoudicca atau juga dikenal dengan sebutan Bunduca adalah seorang pemimpin hebat dalam sejarah pada masa ekspansi Romawi dalam memperluas wilayahnya.  Dia memimpin pemberontakan melawan Romawi dan inggris dan telah menginspirasi banyak warga inggris dan pemberontakan yang dia lakukan didukung lebih dari 100.000 pemberontak. Dalam kepemimpinannya pemberontak berhasil membunuh sekitar 70.000 hingga 80.000 pasukan Romawi meskipun dalam peperangan-peperangan selanjutnya pasukan pemberontakannya berhasil dikalahkan.

5. Hildegard (1098-1179)

HildegardHildegard berasal dari Bingen sehingga biasa juga dijuluki dengan sebutan Hildegard of Bingen. Hildegard adalah seorang musisi, pengarang lagu dan komposer. Dia adalah musisi yang paling berpengaruh pada era tahun 1150 an dan dia adalah seorang biarawati yang banyak berhungan dan berkonsultasi dengan Paus, raja dan tokoh-tokoh berpengaruh kala itu. Dia adalah tokoh perempuan hebat dibidang seni dan budaya khususnya musik.

6. Eleanor (1122-1204)

EleanorEleanor biasa juga dijuluki Eleanor of Aquitaine, adalah ratu pertama perancis. Dia dikenal sebagai seorang ratu yang berwibawa, pintar, berpendidikan dan sangat pandai berbicara. Kedua putranya bernama Richard dan John menjadi raja inggris. Eleanor juga dikenal sebagai tokoh pemimpin perempuan yang pintar berpolitik.

 7. Joan of Arc (1412-1431)

Joan of ArcMungkin anda pernah menonton film hollywood berjudul Joan of Arc. Dikisahkan Joan of Arc adalah seorang tokoh perempuan yang memimpin pemberontakan Perancis atas ekspansi dan pendudukan Inggris. Yang menjadikan Joan of Arc sebagai tokoh wanita hebat dunia dalam sejarah adalah dia memimpin pasukan Perancis kala itu masih di usia 17 tahun dan mampu memenangkan pertempuran di Orlens.

8. Mirabai (1498-1565)

MirabaiMirabai adalah tokoh perempuan berasal dari India, dia lahir dikeluarga terpandang yang sangat kental dengan agama Hindu. Mirabai meninggalkan kehidupan sebagai putri dari keluarga terpandang dan menjelma menjadi sosok wanita yang pandai berpuisi, seorang mistikus dan pemuja Khrisna . Dia adalah orang yang membangkitkan kembali tradisi Bakti Yoga di India.

 9. Teresa of Avila (1515-1582)

Teresa of AvilaTeresa berasal dari kota Avila spanyol. Dia lahir dalam dalam keluarga yang sangat kental dengan agama katolik. Teresa adalah perempuan yang pintar dalam puisi dan dia seorang mistikus. Dia wanita yang terkenal kala itu dan mampu merubah tradisi katolik dan menuntun ajaran agamanya jauh dari fanatisme.

10. Elizabeth I (1533-1603)

Elizabeth IElizabeth I adalah seorang ratu inggris yang terkenal dan dikenang hingga sekarang. Dia adalah ratu pada masa kelam kerajaan Inggris kala itu, dimana terdapat gejolak ekonomi dan sosial dan menyelamatkan Inggris yang mulai diarahkan menjadi negara protestan. Dia juga yang menyelamatkan Inggris dari serangan Spanyol.

11. Catherine The Great (1729-1796)

Catherine the GreatCatherine adalah salah satu tokoh pemimpin wanita yang hebar dalam hal politik. Dia dikenal sebagai politik besar pada abad ke 18 dan berperan besar menjadikan Rusia menjadi negara yang dihormati, ditakuti dan menjadi salah satu negara besar di Eropa.

 12. Mary Wollstonecraft (1759-1797)

Mary WollstonecraftMary Wollstonecraft adalah seorang tokoh perempuan pejuang sejati dalam bidang hak-hak asasi perempuan. Dia adalah pelopor dalam pemikiran hak asasi perempuan dan menerbitkan buku berjudul “Pembelaan Hak-hak Perempuan” dan menjadi buku sangat penting dalam sejarah perjuangan hak perempuan.

 13. Jane Austen (1775-1817)

Jane AustenJane Austen adalah wanita biasa anak ke-7 dari 8 bersaudara dan berasal dari kalangan menengah. Dia bersekolah di Oxford dan kemudian menjadi seorang penulis novel terkenal. Novel-novelnya merefleksikan kritis sosial mengenai kehidupan kalangan atas pada zaman itu. Dia adalah tokoh wanita terkenal yang menjadi seorang penulis hebat, hasil novelnya yang terkenal adalah “Pride and Prejudice“, “Emma” dan “Northanger Abbey“.

14. Margaret Fuller (1810-1850)

Margaret FullerMargaret Fuller adalah seorang pengacara wanita dari Amerika serikat. Salah satu bukunya yang terkenal dan pernah difilmkan berjudul Women in the Nineteenth Century. Dari karyanya dan perjuangannya dia banyak mempengaruhi pemikiran mengenai kesetaraan dan pandangan antara perempuan dan laki-laki.

15. Harriet Beecher Stowe (1811-1896)

Harriet Beecher StoweHarriet Beecher adalah seorang tokoh wanita yang memperjuangkan pemusnahan perbudakan di Amerika. Pemikirannya mengenai anti perbudakan dituliskan dalam bukunya yang terkenal dan menjadi best seller kala itu adalah “Uncle Tom Cabin“. Bahkan Abraham Lincoln berkata salah satu faktor utama penyebab perang sipil di Amerika adalah buku dari Harriet Beecher.

 16. Elizabeth Cady Stanton (1815-1902)

Elizabeth Cady StantonElizabeth Cady adalah seorang aktivis sosial wanita dari Amerika yang memperjuangkan hak-hak perempuan. Dialah tokoh utama yang berhasil memberikan hal pilih politik pada wanita. Dia juga yang menulis prinsip dari “Declaration of Sentiments” pada tahun 1948. Dia menjadi figur wanita yang dihormati karena perjuangan dan kepandaiannya kala itu.

17. Ratu Victoria (1819-1901)

Queen VictoriaRatu victoria atau lebih dikenal dengan sebutan Queen Victoria adalah ratu inggris cucu dari George III dan anak dari Edward. Ratu victoria mempunyai nama asli Alexandrina Victoria, tokoh pemimpin ratu terkenal pada abad ke 19. Pada masa itu ratu Victoria merupakan simbol dari imperialisme dan kebanggaan warga inggris.

 18. Florence Nightingale (1820-1910)

Florence NightingaleFlorence Nightingale adalah seorang perawat yang bertugas melayani korban perang dalam perang Crimen. Peran dan apa yang dilakukannya pada perang tersebut membuatnya mampu merubah pemikiran orang mengenai profesi seorang perawat. Jasa dan perannya dalam layanan pengobatannya dalam perang memberikan peningkatan besar dalam hal pengobatan dalam peperangan.

19. Susan B. Anthony (1820-1906)

Susan B AnthonySusan Anthony adalah aktivis dan pejuang perempuan dalam hak-hak asasi perempuan dan peran perumpuan dalam memberikan pendapat. Kerja kerasnya dalam memperjuangkan hak perempuan membuatnya berkeliling Amerika dan berpidato yang tak terhitung jumlahnya tentang hak asasi perempuan.

 20. Emily Dickinson (1830 – 1886)

Emily DickinsonEmily Dickinson sangat berjasa dalam sejarah seni syair dan puisi didunia. Dia adalah seorang penyair yang karya-karyanya sangat berani dan meninggalkan konsep-konsep penyair konvensional. Dia sangat berpengaruh dan warisan cara bersyairnya terasa pada abad ke 20. Tokoh perempuan penyair besar asal Amerika ini lebih banyak menghabiskan hidupnya dipengasingan.